Sabtu, 12 Januari 2013

Honda Kian Dominan di Pasar Skutik

AppId is over the quota

Jakarta, KompasOtomotif - PT Astra Honda Motor semakin dominan di pasar sepeda motor  Indonesia, khususnya di segmen skutik. Tahun lalu, mereka menguasai 69,9 persen atau berhasil menjual 2.859.898 unit  dan menjadi penopang utama penjualan. Jumlah ini mengukuhkan Honda sebagai jawara dengan pangsa pasar 68 persen dari total penjualan skutik nasional 4.208.219 unit.

Model terlaris di segmen ini disumbang BeAT (injeksi dan karburator) dengan 1.466.185 unit, disusul Vario (semua varian) 1.079.943 unit, Scoopy 155.512 unit, Spacy 155.856 unit dan PCX 2.484 unit. Deputy GM Sales Division AHM Thomas Wijaya mengatakan, capaian tahun lalu ditentukan oleh tingkat kepercayaan terhadap merek dan kualitas sepeda motor. “Terima kasih kepada segenap konsumen yang sudah memilih Honda sebagai alat transportasinya," komentar Thomas dalam keterangan pers yang diterima KompasOtomotif, kemarin (9/1/2013).

Menutup 2012, AHM berhasil mencatatkan pangsa pasar 57,9 persen dengan total penjualan 4.088.888 unit. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), total penjualan sepeda motor baru di pasar domestik (tanpa ekspor) mencapai 7.064.457 unit atau anjlok 11,8 persen dibandingkan dengan 2011.

Di tengah kondisi pasar yang tertekan, AHM berhasil menaikkan pangsa pasarnya dari posisi tahun sebelumnya hanya 53,3 persen. Pencapaian ini semakin memperbesar selisih dengan Yamaha menjadi 23,6 persen dibandingkan dengan tahun lalu yang berselisih pangsa pasar 14,2 persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar