Jumat, 31 Agustus 2012

Sedan Premium Sarat Teknologi Canggih 1

AppId is over the quota

Palo Alto, KompasOtomotif - Lexus punya komitmen kuat setiap mengenalkan produk barunya. Kenyamanan, performa mengemudi, keunggulan teknis, kemewahan, dan terpenting kualitas. Itulah unsur yang menjadi prioritas dalam melakukan pengembangan. Semua itu diperlihatkan pada LS460, LS600hL serta tipe F Sport dari kedua model tersebut yang baru diluncurkan akhir Juli lalu dan di Indonesia akan masuk pertengahan Oktober 2012.

Dalam mempresentasikan kelebihan dan keunggulan pada ketiga model tersebut, Bill Camp, Dealer Education Administrator Lexus College menyebutkan bahwa pada LS baru ini terdapat 15 fitur dan inovasi teknis yang pertama kali dipakai pada Lexus, termasuk tiga di antaranya pertama
di dunia.

Andaikan punya duit berlebihan, pengin aku memiliki dua sedan premium dari Lexus. Apalagi keduanya sarat dengan teknologi canggih

Karakteristik unik
Antara LS460 dan LS600h punya banyak kesamaan di berbagai sektor. Seperti dimensi, keduanya memiliki panjang sama 2.970 mm, lebih panjang 30 mm (overhang depan 10 mm dan belakang 20 mm) dari model sebelumnya. Yang membedakan, hanya pada mesin dan beberapa teknologi sesuai dengan kebutuhan.

Tampilan eksterior pun sama. Perubahan pada model baru ini, paling menyolok desain gril dengan model trapesium terbalik (spindle grille). Dipadu kap mesin lebih berotot, tarikan garis menyatu dengan gril, dan kisi-sisi hitam yang diapit pinggiran berupa krom.

Desain gril depan juga direfleksikan ke belakang dengan mengikuti garis lurus yang mengalir melintasi permukaan boot dari pilar C. Trus, tampilan
bagian atas bagasi lebih dinamis (menyempit). Dan untuk pertama dikenalkan  pada LS lampu dalam belakangnya membentul huruf "L".

Begitu juga dengan lampu utama depan dalam satu rumah dipasangi dua jenis. Pertama, model dua proyektor, dan satu lagi tiga proyektor dilengkapi LED Daytime Running (DRLs) yang merupakan desain baru  menyajiukan lampu dengan cahaya tunggal berbentuk huruf "L". Kemudian, lampu sein pun dibekali 12 LED dan ini pertama dipakai pada Lexus.

Semua sentuhan pada eksterior menjadikan sedan premium ini mempunyai karakteristik yang unik. Sekaligus menegaskan akan kelincahan dan
memiliki performanya yang hebat.

Manjakan penumpang
Lexus benar-benar memanjakan pengemudi, terlebih penumpang yang disamakan seperti mereka sedang ngobrol santai di ruang utama rumahnya dengan kesunyian dan kenyamanan yang tinggi. Tak heran, dua dari tiga inovasi teknis Lexus yang diklaim pertama di dunia otomotif terdapat di dalam interior LS.

Inovasi itu adalah Lexus Climate Concierge (LCC). Di sini, penghuni di dalam kabin diberi kenyamanan tertinggi terhadap suhu udara yang pas dengan sistem kontrol 4-zona independen. Jadi, sistem suhu udara yang sudah ada pada generasi LS sebelumnya, kini diintegrasi secara otomatis
pada kursi (panas dan dingin) serta pemanas di setir dengan menggunakan 13 sensor yang dikontrol melalui ECU (Electronic Control Unit).

Semisal, cuaca di luar dingin. Sebelum sistem pemanas telah mencapai efisiensi maksimum, pemanas pada setir dan masing-masing jok secara otomatis aktif. Dan bila sudah mencapai suhu nyaman, sistem pemanas kursi secara otomatis mengurangi suhu sebelum mati.

Begitu juga kala cuaca panas. Fungsi pendingin cepat mengontrol suhu kursi sebelum sistem pendingin telah mencapai efisiensi maksimum. Khusus untuk yang LS600 hybrid, sistem pemindah panasnya terpadu dengan PTC (Positive Temperature Coefficient).

Inovasi kedua terdapat pada sistem penerangan (Advanced Illumination System). Bila sebelumnya sudah lampu interior berkelir putih champagne
dan panel instrumen LED, kini pencahayaan seluruh interior sudah LED yang menciptakan suasana sesuai dengan keunggulan dan kemewahan dari model LS.

Malah penerangan pada interior terbagi tiga warna pencahayaan, yakni putih terang khusus untuk penerangan wajah dan kaca rias, interior
keseluruhan putih champagne, dan putih seperti salju untuk panel-panel instrumen, teks, dan jam.

Pantas, detail dari sistem navigasi yang terpampang di layar 12,3 inci dengan format 24:9 (diklaim terbesar di dunia pada mobil), terbaca dengan jelas. Pengemudi pun dapat dengan santai menjalankan sedan mewah berkat  desain dasbor LS elegan membentuk bidang horizontal lebar. Perubahan ini, selain menekankan roominess keseluruhan interior, serta memberi pandangan luas.

Melakukan perjalanan jauh, kedua tangan tak teratas lelah menggenggam setir. Bagaimana tidak, hanya sebuah setir LS model palang tiga (menggantikan yang palang empat) berdiameter 380 mm (lebih kecil 10 mm dari sebelumnya), telah dikerjakan oleh 67 perusahaan yang memakan waktu 38 hari.

Asyiknya, kala mobil melaju dengan kecepatan rendah, rasio gigi setir 2,3 dan 3,7 kala kecepatan tinggi. Penyesuaian ini karena pada sistem kemudi
dibekali teknologi Variable Gear Ratio Steering (VGRS) yang dilengkapi Electric Power Steering (EPS). (Bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar